Teten Masduki Apresiasi Revolusi Mental Ala Persebaya dan Bonek

Bola.net – Kesuksesan manajemen Persebaya Surabaya merubah stigma negatif yang selama ini melekat pada Bonek dan Persebaya mendapat apresiasi dari Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki yang menerima kunjungan presiden klub, Azrul Ananda.

Apresiasi tersebut diberikan setelah Teten mendengar langsung cerita dari Azrul Ananda tentang perubahan positif yang dialami Persebaya dan Bonek. Bahkan anak kandung mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan itu meminjam istilah revolusi mental.

Menurut Azrul, Bonek sudah banyak berubah, Bonek menjadi kelompok suporter yang anti rasis, anti kekerasan dan anti masuk stadion tanpa tiket. Bahkan karena antusiasme Bonek, Persebaya menjadi tim dengan rataan jumlah penonton tertinggi di Liga.

“Kalau ada sekelompok suporter bernyanyi rasis atau merendahkan tim lawan, sontak ribuan Bonek lain akan mem-‘boo’ dan meminta mereka diam,” papar Azrul seperti dilansir laman resmi Kepala Staf Kepresidenan.

Azrul juga memaparkan bagaimana kesuksesan pembinaan di internal Persebaya yang aktif menggelar kompetisi. Sehingga melahirkan beberapa pesepak bola ternama yang selalu menjadi langganan timnas Indonesia.

“Nama-nama seperti Andik Vermansah, Evan Dimas dan Satria Tama merupakan produk kompetisi internal Persebaya,” tegas Azrul.

Sehingga Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki berharap kisah sukses yang dialami Persebaya Surabaya bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat dan klub lain. Ia pun menganjurkan agar kisah tersebut ditulis dan dibukukan.

“Kisah sukses seperti ini harus dibukukan, sehingga masyarakat tahu dan jadi lesson learn bagi persepakbolaan nasional kita. Semua ini bisa terwujud kalau visinya benar,” pungkasnya. (top/pra)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*