Syafii Maarif: Sepakbola di Indonesia Temui Jalan Buntu

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN – Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Ahmad, Syafii Maarif, mengharapkan Liga Primer Indonesia (LPI) dapat menjadi pelopor reformasi lembaga olahraga nasional.

Vice President Liga Primer Indonesia (LPI) Regional Sumatera-Aceh Avian Tumengkol di Medan, Rabu (2/2/2011), mengatakan, harapan tersebut disampaikan Syafii Maarif ketika dirinya berkunjung ke kediaman mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu di Yogyakarta baru-baru ini.

Syafii Maarif juga mengatakan, dewasa ini persepakbolaan di Tanah Air sudah di jalan buntu dan tanpa harapan positif. Untuk itu, pembenahan secara total harus segera dilakukan demi mengembalikan harkat dan semangat olahraga khususnya sepak bola.

“Buya (sapaan Syafii, Red) juga mengatakan, PSSI sekarang sudah lapuk, tidak hanya lembaganya, tapi juga pejabat-pejabat di dalamnya. Tidak ada lagi yang bisa diharapkan dari PSSI,” kata Avian meniru ucapan Syafii.

Munculnya LPI, menurut Buya, merupakan hal positif untuk mereformasi sepak bola nasional. Perubahan dapat dilakukan walau perlahan melalui LPI yang tidak dinaungi PSSI dan bebas uang rakyat melalui APBD.

Sepak bola merupakan kegemaran mayoritas bangsa di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Masyarakat harus menjadikan sepak bola sebagai pembangkit semangat generasi muda untuk mencapai prestasi.

Buya berharap, semangat reformasi sepak bola nasional yang dicita-citakan bangsa ini perlu didukung oleh kekuatan dan persatuan warga dengan segala ragam agama, etnis, dan suku.

“Karena sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang mampu memberikan daya perekat nasionalisme di saat tipisnya kepercayaan masyarakat kepada lembaga pemerintah dan simbol-simbol aparat,” ujarnya.

“Munculnya LPI ini diharapkan dapat menjadi pelopor reformasi lembaga olahraga nasional. Diharapkan juga agar pertandingan di LPI tetap menjunjung tinggi sportivitas olahraga,” tambahnya.

Editor: Antonius Bramantoro  |  Sumber: Kompas.com

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*