Persebaya LPI, Siapkan Rotasi Saat Hadapi Persema

TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA – Kebugaran pemain-pemain Persebaya sangat terkuras dalam melakoni kompetisi Liga Prima Indonesia (LPI). Pelatih Bajul Ijo Ibnu Grahan
pun menyiapkan rotasi pemain saat melakukan pertarungan derby sesama Jatim saat menghadapi tuan rumah Persema Malang di Stadion Gajayana, Rabu (6/3/2013).

Ibnu mengaku, tenaga Erol Iba dkk cukup terkuras. Dalam rentang waktu 10 hari, Bajul Ijo harus melakoni sebanyak tiga pertandingan. Sebelum away ke Malang, Erol Iba dkk sudah menjalani pertandingan dua kali saat bertemu Bontang FC, Minggu (24/2/2013) dan tandang ke PSIR Rembang, Sabtu (2/3/2013).

“Jarak pertandingan lawan PSIR Rembang dengan Malang cukup pendek. Ini yang membuat fisik pemain cukup terkuras. Pemain harus pintar-pintar dalam menjaga kondisi,” sebut Ibnu Grahan, Senin (4/3/2013).

Tim Bajul Ijo dijadwalkan sudah berangkat ke Malang, Selasa (5/3/2013). Pertandingan ke Malang dinilai cukup berat dan membutuhkan perhatian lebih. Tuan rumah Persema sedang naik, menyusul kemenangan 4-1 atas Bontang FC. Sebaliknya, Persebaya hanya memetik sat angka saat bermain 0-0 lawan PSIR.

Ibnu menuturkan, kondisi pemainnya tidak semuanya bugar. Gelandang Jusmadi diragukan tampil karena masih mengalami cedera dipelepis matanya akibat bertabarakan saat bermain lawan PSIR. Kemudian kiper Endra Prasetya masih sakit lambung dan saat ini belum sembuh.

Kiper tim nasional Indonesia ini tidak terlihat dalam sesi latihan di lapangan Persebaya, Senin (4/3/2013).

“Ada juga pemain yang masih capek. Kalau memungkinkan kita akan lakukan rotasi. Namun kita lihat juga kondisi terakhir pemain bagimana,” jelas Ibnu.

Rotasi, lanjut Ibnu, ini supaya pemain yang tidak dalam kondisi bugar bisa istirahat. Kemampuan pemain lain tidak kalah jauh dan diharapkan bisa menunjukan penampilan terbaiknya.

Dalam dua laga lawan Bontang FC dan PSIR, Ibnu menurunkan komposisi pemain yang tidak jauh berbeda. Andik Vermansyah, Mat Halil, M Taufiq, Mario Karlovic, Ferando Soler menjadi pilihat utama. Sedangkan Rendi
Irwan, Feri Ariawan, Aulia Ardi menjadi pelapisnya. Ketiga pemain itu baru diturunkan ketika pertandingan sudah memasuki babak kedua.

“Sebenarnya, kualitasnya tidak beda jauh. Kami memiliki pemain disesuikan dengan kondisi pemain itu sendiri dan bagaimana kondisinya,” jelas Ibnu.

Dari dua laga yang sudah dijalani Bajul Ijo di kompetisi LPI, Erol Iba dkk merengkuh kemenangan 5-0 atas Bontang FC. kemudian bermain 0-0 di kandang PSIR. Tim yang bermarkas di Jl Karanggayam Surabaya ini
menempati posisi kedua klasemen sementara dengan nilai empat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*