Persebaya 1927 Kerahkan Massa ke Kongres PSSI

TEMPO Interaktif, Surabaya – Pengurus Persebaya Surabaya 1927 nekat berangkat ke arena Kongres Tahunan PSSI di Hotel Nirwana, Nusa Dua, Bali, kendati hak suaranya telah dicabut. Kongres tahunan itu akan berlangsung mulai 21 – 23 Januari ini.

Komisaris Utama PT Persebaya Indonesia Saleh Ismail Mukadar mengatakan, dia datang bersama massa yang berjumlah sekitar 300 orang. “Saya akan memaksa masuk ruang kongres untuk menuntut hak suara. Mereka (massa -red) akan mengawal saya,” kata Saleh yang saat dihubungi sedang berada di Bandara Internasional Juanda Surabaya untuk siap-siap terbang ke Bali, Kamis (20/1).

Saleh menilai Ketua Umum PSSI Nurdin Halid telah bertindak sewenang-wenang dengan mencabut hak suara klub-klub yang menyeberang ke Liga Primer Indonesia (LPI), termasuk Persebaya 1927. Suara Persebaya 1927 sendiri telah dicabut dan diberikan kepada Persebaya versi divisi utama.

Padahal, kata Saleh, sesuai aturan yang ada pencabutan hak suara klub tidak boleh asal tapi harus diputuskan melalui forum kongres. “PSSI kan bukan organisasi mafia yang pencabutan hak suara anggota hanya berdasarkan rasa suka dan tidak suka pengurusnya,” imbuh Saleh.

Dia menambahkan, akan mendemo tempat kongres tahunan bila tidak diijinkan masuk. Bahkan, kata Saleh, dirinya akan habis-habisan agar bisa masuk arena kongres demi menegakkan aturan. “Ibaratnya sudah siap mati,” kata dia.

Sekretaris Umum Persebaya Divisi Utama, Wastomi Suhari, mengaku telah berada di Bali dan sedang dalam perjalanan ke Hotel Nirwana bersama Ketua Umum Persebaya Wisnu Wardana untuk mengikuti kongres.

Menurut dia, undangan PSSI sudah diterima Persebaya sejak beberapa hari yang lalu. “Ini menandakan bahwa Persebaya versi kami yang diakui PSSI,” kata Wastomi. Wastomi tak menghiraukan bila Persebaya 1927 akan memaksa masuk ke arena kongres.

Menurut dia, kengototan Saleh agar bisa mengikuti kongres tidak berdasar. “Kalau sudah punya tekad keluar dari kompetisi resmi PSSI, harusnya dia konsisten dong. Jangan tiap hari memusuhi PSSI tapi giliran ada kongres minta diajak,” kata Wastomi.

KUKUH S WIBOWO

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*