Persebaya 1927 Keberatan Kontrak Mbamba Rp 5 Miliar

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA–Persebaya 1927 keberatan merekrut penyerang asal Kamerun Emile Bertrand Mbamba karena meminta nilai kontrak yang terlalu tinggi hingga mencapai Rp5 miliar untuk dua musim.
Pelatih Persebaya 1927 Aji Santoso kepada wartawan di Surabaya, Senin, menyebut nilai kontrak yang diminta mantan pemain Arema Indonesia itu tidak masuk akal, padahal kualitasnya juga tidak terlalu istimewa.

“Masak untuk satu musim dia minta kontrak Rp3,5 miliar, tapi kalau dikontrak dua musim sekaligus bersedia dihargai Rp5 miliar. Saya pikir permintaan dia terlalu tinggi,” katanya.
Emile Mbamba sudah beberapa hari terakhir mengikuti seleksi di Persebaya 1927 dan Aji Santoso sebenarnya cukup tertarik untuk merekrutnya. Apalagi Persebaya juga sedang mencari sosok penyerang asing.

Aji Santoso mengungkapkan, saat pertama kali bergabung dengan Arema Indonesia pada kompetisi musim 2007, nilai kontrak Emile Mbamba hanya sekitar Rp1,5 miliar untuk 1,5 musim. Pemain berusia 28 tahun itu harus meninggalkan Arema pada 2008 setelah terkena sanksi dari Komdis PSSI berupa larangan bermain selama lima tahun di Indonesia karena kasus penyerangan terhadap wasit.

“Saya sendiri melihat kualitas Mbamba juga sudah tidak sebagus saat pertama kali membela Arema. Jadi, kalau dia minta kontrak sebesar itu, lebih baik tidak usah saja,” ujar Aji Santoso.

Mantan pelatih Persik Kediri itu tidak mengungkapkan berapa nilai kontrak yang ditawarkan Persebaya kepada Mbamba, namun diperkirakan tidak lebih dari Rp1 miliar untuk satu musim.
Setelah hengkangnya Emile Mbamba, manajemen Persebaya 1927 dikabarkan segera kedatangan mantan penyerang timnas Kostarika yang pernah bermain di kompetisi Liga Inggris, Paolo Wanchope.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung ke Persebaya 1927 dengan status “marquee player” (pemain asing berstatus bintang) yang didatangkan konsorsium Liga Primer Indonesia (LPI). Media Officer Persebaya 1927 Surachman mengatakan, kalau tidak ada kendala Wanchope dijadwalkan tiba di Surabaya sekitar Kamis (20/1) dan langsung diperkenalkan kepada pendukung Persebaya.

“Memang benar Wanchope segera gabung Persebaya dan kami berencana memberikan sambutan khusus saat dia tiba di Surabaya,” ujarnya. Aji Santoso mengaku senang dengan kabar segera bergabungnya mantan pemain Manchester City dan Bolton Wanderes (klub Liga Inggris) itu, namun dia juga belum mengetahui kondisi terkini pemain tersebut.

“Terus terang saya tidak tahu seperti apa kondisi dia sekarang. Mudah-mudahan kondisinya benar-benar bagus dan cepat adaptasi dengan tim. Kalau kondisinya tidak fit dan adaptasinya terlalu lama, berarti sama juga bohong,” ujarnya.

Red: Krisman Purwoko
Sumber: ant

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*