Persebaya 1927 Incar Level I

SURABAYA, Jawa Pos – Persebaya 1927 sama sekali tak berkeberatan dengan persyaratan yang dipatok PSSI untuk melangkah ke kompetisi level I. Klub yang ber-home base di Gelora 10 Nopember, Surabaya, tersebut optimistis bisa ber saing dengan kontestan lain.

Menurut CEO Persebaya 1927 Llano Mahardhika, klubnya hanya terganjal satu di antara lima aspek penilaian yang disyaratkan. Yakni, infrastruktur. Untuk empat aspek lain, legal, finansial, administrasi personal, dan supporting, dia optimistis timnya lolos verifikasi. ”Kami tak punya lagi selain Gelora 10 Nopember. Gelora Bung Tomo juga megah, tetapi tidak memenu hi syarat kelengkapan AFC,” kata pria yang pernah menjabat sebagai manajer verifikasi PT Liga Indonesia tersebut.

Namun, jika menilik stadion yang tersebar di tanah air, Llano optimistis Persebaya 1927 tetap bisa bermain kandang di Gelora 10 Nopember. ”Kami juga tak mung kin mengeluarkan dana untuk renovasi fasilitas yang tak kami kelola,” jelas dia. Lagi pula, stadion berkapasitas 35 ribu penonton juga menjadi home base Persebaya saat berlaga di ISL.

Kekurangan Gelora 10 Nopember memang tak sedikit. Daya tampung penonton tak sebanding dengan suporter klub tersebut. Kekuatan lampu di stadion itu ju ga belum memenuhi standar AFC dan memantik keluhan pe main setiap kali bermain malam.

Nah, empat aspek lain bisa dimunculkan ketika finansial mendukung. Aspek legal sudah dipenuhi Persebaya 1927 dengan mengusung PT Persebaya Indonesia. ”Anytime tim bisa berubah. Kami juga bisa siapkan semua pendukungnya,” katanya. Termasuk, tim junior U-21 dan di bawahnya.

Llano yakin bahwa PSSI bisa mengakomodasi keinginan klub-klub yang berharap bisa membawa angin perubahan. ”AFC dan PSSI sudah membuat aturan sedemikian rupa dengan melihat prospek lima tahun ke depan, bukan hanya saat ini,” kata Llano. Dia berharap, tim-tim yang tak mampu untuk bersaing harus legawa. Sebab, kasta tertinggi sepak bola memang harus memiliki modal yang stabil sebagai bekal utama. ”Jangan bicara tim lebih dulu. Kalau internal solid, klub terbaik bisa dibentuk,” tukas Llano. (vem/c7/ko)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*