Menunggu Ketegasan Komite Normalisasi Terkait LPI


JAKARTA–MICOM:┬áDeputi Bidang Teknis Badan Tim Nasional (BTN) Iman Arif meminta Komite Normalisasi (KN) yang saat ini mengambil alih tugas Komite Eksekutif PSSI mempunyai kebijakan tegas atas Liga Primer Indonesia (LPI).

“Memang KN telah mengakomodir LPI. Tapi yang dibutuhkan saat ini adalah kebijakan terkait dengan status pemainnya,” katanya di sela pembukaan 80’s All Star Basketball Invitation di Hall Basket Senayan Jakarta, Jumat (3/6).

Menurut dia, kebijakan dari KN saat ini sangat diperlukan karena berkaitan dengan rencana perekrutan pemain LPI pada timnas baik U-23 untuk SEA Games 2011 maupun timnas senior untuk Pra Piala Dunia 2014.

Dari dua timnas itu, kata dia, kebutuhan yang paling mendesak adalah untuk Pra Piala Dunia 2014 karena Indonesia harus menghadapi pertandingan melawan Turkmenistan. “Harus jelas dari Komite Normalisasi bagaimana soal pemain LPI ini untuk masuk dalam tim,” katanya.

Ia menjelaskan dengan adanya kebijakan dari Komite Normalisasi maka akan mempermudah dalam proses seleksi timnas senior yang akan berlangsung 24 Juni nanti. Dengan adanya penjelasan tersebut bisa dipastikan penentuan nama-nama pemain yang memperkuat timnas akan dilakukan penentuan nasib PSSI, 1 Juli mendatang.

Meski belum ada kebijakan yang jelas dari Komite Normalisasi, Iman Arif menjelaskan proses persiapan timnas terus berjalan sesuai dengan rencana yang ada termasuk dalam melakukan pertandingan uji coba internasional. “Jajaran pelatih juga telah siap melaksanakan tugasnya,” kata mantan Ketua BTN itu.

Sesuai dengan rencana sebelumnya, timnas senior akan menjalani tiga pertandingan ujicoba internasional. Pertandingan pertama melawan timnas Singapura, 3 Juli nanti. Dua pertandingan berikutnya adalah melawan timnas Thailand yang akan dilaksanakan 6 dan 13 Juli nanti di Thailand.

Komite Normalisasi saat ini memang telah mengakomodir kompetisi yang diprakarsai oleh pengusaha nasional Arifin Panigoro itu. Namun demikian, kebijakan lebih lanjut tergantung pengurus PSSI yang baru. (Ant/OL-2)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*