Liga Baru Gabungan LPI dan ISL Dimulai Oktober

TEMPO InteraktifSurabaya – Komisaris Persebaya 1927, Saleh Ismail Mukadar, memastikan Liga Primer Indonesia (LPI) segera dibubarkan. Artinya, putaran kedua LPI tidak akan dilanjutkan. Sebagai gantinya, PSSI segera membentuk liga baru untuk penggabungan LPI dan ISL.

“Pasti (LPI) dihentikan. FIFA melarang ada dua liga dalam satu negara,” kata Saleh ketika ditemui di Gedung DPRD Jawa Timur, Jalan Inderapura, Surabaya, Kamis, 14 Juli 2011.

Proses penggabungan, kata Saleh yang juga penggagas LPI, saat ini sedang dalam  pembahasan. Hanya saja untuk penggabungan ini, klub yang berlaga dalam ISL mengalami kesulitan karena mayoritas mereka belum berbentuk Perseroan Terbatas (PT).

Namun, bagi daerah yang telah memiliki klub yang sudah berbentuk PT, maka penggabungan akan mudah dilakukan. Misalnya Persipura akan digabung dengan Cendrawasih FC, kemudian Semen Padang dengan Kabau Padang, Jakarta FC dengan Persija, Batavia Union dengan Persitara, Persib dengan Bandung FC, dan PSB dengan Bogoraya.

Tanpa penggabungan, klub sebenarnya masih bisa berdiri sendiri asalkan mereka segera membentuk PT. Namun, proses pembentukan PT ini sedikit sulit karena memerlukan pendanaan yang besar, sedangkan klub sepak bola tidak bisa lagi mengandalkan pembiayaan dari APBD.

Meski sedikit rumit, namun Saleh optimistis liga baru gabungan dari ISL dan LPI akan segera digulirkan pada Oktober 2011 mendatang. “PSSI sedang bekerja keras. Targetnya Oktober liga baru sudah bisa dimulai,” kata Saleh.

FATKHURROHMAN TAUFIQ

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*