Kelelahan, Andik Rehat

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA — Penyerang muda Persebaya, Andik Vermansyah bakal menjalani rehat beberapa hari. Hal itu untuk mengantisipasi agar Andik tak mengalami penurunan performa saat bertanding di liga maupun di Timnas U-21 Indonesia.

Seputar rehatnya Andik, sang pelatih Persebaya, Divaldi Alves menilai fisik Andik saat ini mengalami kelelahan. Pelatih asal Portugal itu melihat tren penurunan performa di beberapa pemain kian terjadi. Jika tak diantisipasi, bukan tak mungkin akan mengganggu dan berdampak serius.

Apalagi, sejak membela timnas Sea Games, Andik belum mendapatkan kesempatan istirahat yang cukup. “Kasihan Andik. Dia kelelahan,” kata Alves dikutip Goal, Rabu (18/1). Karenanya, sang pelatih tak memaksa Andik bermain 90 menit dikala Persebaya memukul Persija 2-0 dalam lanjutan Liga Prima Indonesia, Senin (16/1) kemarin.

Kondisi terbaru Andik ini juga sudah dilaporkan kepada Widodo C Putra selaku pelatih Timnas U-21. “Saya sudah kirim email pada pelatih timnas terkait kondisi yang ada. Mungkin bisa dilakukan penyesuaian di sana agar kondisinya tidak makin menurun,” ujar Alves menambahkan.

Fisik Andik memang terkuras sejak akhir 2011 lalu. Setelah memperkuat timnas Sea Games, Andik praktis tak istirahat setelah dipanggil memperkuat tim Indonesia Selection menghadapi LA Galaxy. Sepulang dari sana, Andik sudah ditunggu Persebaya yang butuh tenaganya. Kini, Andik kembali dipanggil timnas U-21 guna tampil di turnamen Sultan Brunei.

“Kami tak mungkin melarang demi misi membawa nama Indonesia. Yang penting, ada penyesuain di sana,” demikian Alves.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*