Ini Persebaya yang Sah Secara Hukum

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia telah mengeluarkan putusan terkait dualisme yang melanda Persebaya Surabaya. Lantas, tim Bajul Ijo mana yang telah dinilai sah secara hukum? Apakah Persebaya United atau Persebaya 1927?

Kemenkumham memutuskan bahwa Persebaya yang berhak memakai logo tim Bajul Ijo yang asli adalah Persebaya 1927 yang bernaung di bawah PT Persebaya Indonesia. Sementara Persebaya United yang musim lalu tampil di Indonesia Super League (ISL) dan saat ini berlaga di Piala Presiden 2015 dianggap bukan tim Bajul Ijo yang asli.

Keputusan Kemenkumham tersebut dikuatkan dengan dikeluarkannya sertifikat merek yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) di Jakarta, Senin, tanggal 21 September 2015 kemarin.

“Pemilik sertifikat itu berhak atas merek yang didaftarkan selama 10 tahun dan bisa diperpanjang. Regulasi mengenai merek telah diatur dalam UU No 15/2001, ” jelas Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas Dirjen KI, Agung Damarsasongko, beberapa waktu lalu.

“Sebab, sesuai Pasal 76, pemegang merek bisa mengajukan gugatan pada pihak lain yang tanpa hak menggunakan merek terdaftar. Baik itu merek yang sama secara pokoknya maupun keseluruhan,” tambah Agung Damarsasongko.

Dengan keputusan Kemenkumham tersebut maka tidak boleh lagi ada klub yang memakai nama Persebaya beserta logo aslinya selain Persebaya 1927 yang sejak tahun 2013 silam telah dibekukan oleh PSSI di bawah komando La Nyalla Mattalitti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*