Dikecewakan PSSI, Bonek Tetap Dukung Timnas

Jember (beritajatim.com) – Kendati hasil Kongres Luar Biasa PSSI merugikan Persebaya Surabaya yang bermain di Liga Primer Indonesia, Bonek tetap mendukung tim nasional sepak bola Indonesia. Timnas harus didukung, siapapun dan apapun kebijakan pengurus PSSI.

Hal ini dikemukakan sejumlah Bonek pendukung Persebaya di Jember, Surabaya, dan Jakarta, yang secara terpisah dihubungi beritajatim.com,. “Kami tetap akan mendukung Timnas saat melawan Arab Saudi, Sabtu (23/3/2013),” kata Husin, salah satu moderator fans page Bonek di laman Facebook.

“Bonek cinta timnas. Walaupun timnas diisi pemain-pemain lama, Bonek tetap mendukung timnas dan bukan mendukung PSSI,” kata Muche Muhammad, pentolan Bonek di Jember.

Menurut Husin, timnas saat ini sarat dengan kepentingan politis, mulai dari penunjukan dan pemecatan pelatih hingga penentuan pemain. “Tapi biar begitu, timnas harus tetap didukung, karena mewakili nama Indonesia, bukan nama PSSI,” katanya.

“Jujur, kalau melihat hasil Kongres Luar Biasa PSSI (yang mendiskualifikasi Persebaya dari unifikasi liga tahun 2014), saya kecewa. Namun selama timnas mengatasnamakan bangsa dan negara, maka wajib didukung siapapun pemainnya,” kata Arief Chusnuddin, pentolan Bonek Green Nord.

“Revolusi PSSI belum berakhir. KLB adalah pembinasaan, bukan unifikasi,” tambah Hanafi Habibi, salah Bonek di Jakarta yang sempat berangkat ke Malaysia untuk mendukung timnas dalam AFF 2012. Namun, saat ini Bonek tidak akan berubah menjadi barisan sakit hati alias BSH yang mendukung timnas tandingan, atau melecehkan Tim Garuda dengan sebutan ‘Timnas Emprit’. “Timnas wajib didukung. Sikap kami tetap. Saat Piala AFF 2010 dan 2012, serta momentum sebelumnya, Bonek tetap mendukung timnas,” kata Hanafi.

Bonek menyiapkan nonton bareng Timnas vs Arab Saudi. “Kalau ada yang bisa berangkat, datang langsung ke stadion untuk memberikan dukungan,” kata Hanafi.

Husin mengatakan, sebagian elemen Bonek merapat ke Jakarta untuk mendukung langsung timnas. “Apapun timnas sekarang, Bonek bukan kelompok munafik yang hanya mau mendukung timnas dari kelompok sendiri. Bonek mendukung satu timnas Indonesia, bukan yang lain,” katanya. [wir]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*