Derby Target Menang

SURABAYA,Surabaya Post– Pertandingan bertajuk Derby Jatim akan digelar di Gelora 10 Nopember, mempertemukan tim dua kota gudang sepakbola, Persebaya 1927 (Surabaya) melawan Persema (Malang), Minggu (12/2) sore. Persebaya yang mempunyai catatan buruk kala bermain di kandang, akan menjadikan laga ini hadiah atas pengorbanan para Bonek dengan target meraih poin penuh.

Tiga kali menggelar pertandingan kandang, Bajul Ijo dua kali tertunduk di hadapan ribuan pendukungnya yang fanatik. Kini pelatih Divaldo Alves harus lebih cerdik dalam meramu timnya, sebab gaya permainan Persebaya yang hanya mengandalkan lini tengah sudah dapat diantisipasi oleh para lawannya. Apalagi trio mungil, Andik, Taufik, dan Rendi yang selama ini menjadi andalan, tidak bisa bermain bersama saat menjamu Persema karena Andik Vermansyah terkena hukuman akumulasi kartu.

Divaldo Alves, pelatih Persebaya mengatakan, absennya Andik saat melawan musuh bebuyutan Persema Malang sangat merugikan timnya. Andik memang menjadi pemain vital bagi Divaldo, bahkan peran pemain mungil itu bisa dibilang tidak tergantikan.  “Andik adalah pemain bagus. Saya kira dia adalah pemain yang memiliki potensi terbesar di Indonesia saat ini,” kata Divaldo usai memimpin latihan, Sabtu, (11/2) tadi pagi.

Andik absen setelah mendapat kartu kuning saat Persebaya menang atas Persijap. Sebelumnya, pemain 20 tahun itu juga diganjar kartu kuning kala Bajul Ijo dipermalukan Persiba. Dengan begitu, jebolan kompetisi internal PSSI Surabaya harus absen lawan Laskar Ken Arok, julukan Persema.

Sebagai pengganti Andik, Divaldo tengah mencari pemain yang pas. Sang Pelatih memang terlihat panik terhadap absennya pemain pilarnya itu. Tidak tanggung- tanggung, tiga pemain disiapkan sebagai calon pengganti posisi Andik. Tiga nama masuk dalam pantauan Divaldo, yakni Feri Ariawan, Riyan Wahyu, dan Edi Gunawan. “Kita lihat kondisi terakhirnya sebelum pertandingan, termasuk Mat Halil yang juga masih diragukan tampil,” lanjutnya.

Namun jika dilihat persiapan sebelum bertanding, Divaldo nampaknya menyiapkan Feri Ariawan untuk mengganti posisi Andik, sementara posisi Feri sebagai striker akan ditempati Andrew Barisic.

Kekuatan lawan yang diwaspadai Divaldo adalah  Irfan Bachdim dan  Ngon A Mamoun. Tapi yang lebih diwaspadai adalah ambisi tim tamu yang sama-sama ingin menempati posisi dua klasemen sementara. “Persema datang dengan ambisi sama-sama ingin merebut peringkat dua. Itu yang perlu diwaspadai. Tapi mereka tidak bisa memainkan striker bagusnya, Mbamba,” kata pelatih berkebangsaan Portugal itu.

Menanggapi kondisi lapangan yang rusak, Divaldo mengaku akan menghambat strategi yang akan diperagakan. Seperti yang diketahui, gaya permainan Persebaya mengandalkan umpan- umpan pendek. Strategi itu memang salah satu andalan terbaik Green Force melihat sebagian besar pemainnya bertubuh mungil. “Kondisi lapangan buruk, kami akan mengubah pola bermain. Tapi kami tidak bisa menjelaskan perubahan strateginya seperti apa, itu rahasia,” katanya.

M. Taufik dkk yang hampir setiap hari menggunakan lapangan 10 Nopember dan sudah tahu seluk-beluknya, sehingga tak ada alasan untuk gagal meraih poin. “Ya, bisa dibilang kami harus benar-benar bisa  beradaptasi dengan kondisi lapangan yang ada. Tapi saya tidak bisa pikir kenapa kota sebesar Surabaya kok punya lapangan jelek,” tambah Divaldo. Kondisi lapangan terancam lebih parah, jika dalam pertandingan Persebaya yang berkompetisi Divisi Utama (DU) versus PS. Bengkulu, malam ini, bermain di tengah guyuran hujan.

Sementara Laskar Ken Arok, julukan Persema, menyambut positif absennya Andik. Persema juga mewaspadai pergerakan trio mungil Bajul Ijo. Tetapi selain Andik, pemain Persebaya yang punya pergerakan berbahaya dalam lapangan adalah Taufiq dan Rendi Irwan.

Dalam lawatannya ke Kota Pahlawan, Slave Radovski, pelatih Persema membawa 18 pemain. Namun dia tidak bisa membawa striker asingnya, Emile Mbamba karena mengalami hal yang sama sepertti Andik yakni akumulasi kartu. Terlapas dari tidak bisa tampilnya Mbamba, 18 pemain yang dibawa dalam kondisi baik, termasuk Irfan Bachdim.m39

Skuad Persebaya 4-3-2-1

Endra      Prasetya, Yusuf Hamzah, Erol Iba, Revalino, Dutra, M. Taufik, Karlovic, Amaral, Feri Ariyawan, Rendi Irawan, Barisic

Pelatih : Divaldo Alves

Persema 4-4-2

Joko Ribowo, Agung Dwi Jaksono, Muchamad Khasan Soleh, Naum Sekulovski, Deniss Kacanovs, Ngon A Mamoun, Bima Sakti,  Kim Jeffry Kurniawan, Sergio Evan Monabo, Irfan Bachdim , Reza Mustofa

Pelatih : Slave Radovski

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*