Demi Persebaya IPL, Bonek Surati SBY

INILAH.COM, Surabaya – Suporter Persebaya, Bonek, memprotes keputusan PSSI terkait nasib Persebaya 1927, yang saat ini berkompetisi di Liga Primer Indonesia. Mereka berniat mengirimkan surat kepada Presiden Republik Indonesia.

Persebaya terpecah sejak 2010 lalu karena munculnya Liga Prima Indonesia (LPI), Sejumlah pengurus memaksakan hijrah ke kompetisi ilegal tersebut sementara yang lain memilih bertahan di Liga Super Indonesia (ISL). Persebaya akhirnya terpecah karena pengurus tidak berhasil menemukan jalan keluar. Terciptalah Persebaya Surabaya (ISL) dan Persebaya 1927.

Dualisme kompetisi akhirnya terselesaikan lewat Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI Maret lalu di Jakarta. Pemilik suara memilih ISL sebagai kompetisi resmi musim depan dengan mengakomodasi sejumlah klub IPL yang tidak mengalami masalah dualisme maupun pencabutan keanggotaan. Sayangnya, Persebaya 1927 tidak memenuhi syarat ini.

PSSI memutuskan bahwa Persebaya yang sah adalah Persebaya yang saat ini berada di Divisi Utama turunan ISL, bukan IPL. Bonek yang diwakili Andi Peci bersikeras bahwa Persebaya yang sejati adalah Persebaya IPL.

“Kami segera kirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menpora (Roy Suryo) dan PSSI atas tindakan sistemik penghilangan sejarah Persebaya. Tentu akan ada gerakan aksi atas penzoliman Persebaya ini,” kata Andi Peci.

Manajemen Persebaya, diwakili CEO Gede Widiade, mulai bergerak dengan melayangkan surat kepada Menpora dan mengambil tindakan hukum.

“Semua ini langkah awal untuk melakukan perlawanan atas hasil KLB yang ingin menghilangkan Persebaya yang asli,” kata suporter Persebaya lainnya, Husin.

“Langkah Pak Gede dengan protes ke menteri sudah tepat, karena Roy Suryo yang telah memfasilitasi KLB,” kata Andi.

“Dulu Klub ISL dibela oleh Roy Suryo. Sebagai pihak yang mengaku netral, harusnya Roy juga memikirkan nasib klub IPL yang sama sekali tidak diuntungkan dengan hasil KLB kemarin,” ia menegaskan.(beritajatim) [yob]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*