Bonek yang Pantas Jadi Juara

SURABAYA,Surabaya Post– Puluhan ribu ‘Bonek’ membanjiri di sekitar Gelora 10 Nopember, Tambaksari saat tim kebanggaannya bertanding memperebutkan trofi Unity Cup, (28/12). Alhasil, tim Green Force—sebutan Persebaya berhasil menaklukkan musuhnya Kelantan FA dengan skor 3-2.

Kehadiran 28 ribu Bonek menuai banyak pujian, menteri olahraga dari kedua negara Andi Mallarangeng (Menpora) dan Menteri Belia dan Sukan Malaysia YB Dato’ Sri Ahmad Shabery Cheek mengacungkan jempol untuk antusiasme ‘Bonek’. “Bonek sangat luar biasa. mereka mendukung timnya dengan rukun,” ungkap Dato’ Sri Ahmad Shabery Cheek.

Selain itu kedua pelatih dan punggawa Kelantan mengaku sangat terkejut dengan hadirnya pendukung Persebaya itu. Bahkan di luar stadion masih banyak Bonek yang tidak kebagian tiket. Khairul Fahmi, kiper Kelantan FA yang juga menjadi kiper timnas Malaysia yang sudah dua kali memupuskan mimpi Indonesia di ajang AFF dan SEA Games mengatakan, kehadiran puluhan ribu ‘Bonek’ tersebut membuat konsentrasi rekan-rekannya hilang. Kanan kiri di dalam stadion sesak dipenuhi ‘Bonek’. “Persebaya mempunya penyokong/pendukung yang luar biasa,” katanya.

Sebenarnya pertandingan berjalan seimbang, tapi penonton berhasil menjadi pemain ke-12 bagi Persebaya. Ia pun mengaku sudah tahu bagaimana fanatiknya suporter Indonesia. Setiap Malaysia bertanding dengan Indonesia stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta selalu penuh. “Ternyata dilevel klub juga demikian. “Sangat luar biasa,” kata Fahmi.

Andik Vermansyah, pemain mungil Persebaya tidak bisa menutupi kebahagiannya. Andyk yang saat membela Timnas tidak bisa membobol gawang Khairul Fahmi, akhirnya malam tadi ia mampu mencetak gol perdana yang sekaligus menambah mental anak asuh Divaldo Alves menanjak. “Khairul Fahmi memang kiper yang bagus, susah untuk ditembus,” kata Andik yang meneyebut gol itu untuk kekasihnya yang sedang ulang tahun.

Andik memang dari awal sangat berambisi untuk mencetak gol, selain karena ingin ‘memerawani’ gawang Khairul Fahmi, tentu ingin memberikan yang terbaik bagi Persebaya dan Bonek Mania. “Bonek telah menjadi tuan rumah yang baik,” ungkapnya.

Sementara penampilan gemilang Persebaya membuat wajah sang pelatih, Divaldo Alves berbinar-binar. Anak asuhnya berhasil menyarangkan tiga gol ke gawang Kelantan FA. ketiga gol itu masing-masing dicetak Andik Vermansyah 16’, Feri Ariawan 65’, dan Otavio Dutra 74’. Sementara dua gol Kelantan dicetak oleh Norshahrul Idlan Talaha 48’dan Indra Putra 90’. “Pemain kita fantastis. Sudah menemukan organisasi permainan yang bagus. Bonek dan pemain sama-sama bagus,” ungkap Divaldo.

Pelatih Kelantan, Peter James Butler, juga mengakui bahwa Persebaya mempunyai pemain dan pendukung yang sama-sama bagusnya. “Namun saya kecewa dengan penampilan kapten saya (Moh Badri bin Moh Radzi, Red.) yang tidak bermain maksimal,” pungkasnya. m39

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*